Alamat Sekretariat

Alamat Sekretariat :
SD Negeri Lambangan Wetan
Jln.Sulang-Sumber KM. 3,3 Lambangan Wetan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang 59255

Jumat, 09 Agustus 2013

Upaya Meningkatkan Kompetensi Menulis Guru Melalui Media Blog

Salam hangat dan tetap semangat wahai sahabat guru,


Dunia tulis menulis memang mengasyikkan. Dengan menulis kita dapat mengungkapkan ide dan gagasan pikiran kita untuk dilihat dan dibaca oleh para pembaca tulisan kita. Menurut penelitian ternyata dengan semakin banyak atau sering kita menulis, maka akan semakin tajam/meningkat pula keterampilan menulis kita . Tak heran, keterampilan menulis merupakan tataran tertinggi dalam kompetensi berbahasa setelah mendengar,membaca dan berbicara.
Bagi guru keterampilan menulis menjadi peran yang sangat penting  dan fundamental dalam transfer budaya dan pengetahuan bagi anak didiknya. Dengan kompetensi menulis yang semakin tinggi akan mempercepat arus transformasi informasi ilmu pengetahuan dan teknologi.
Kegiatan menulis bisa dilakukan karena kewajiban,kesenangan/hobby, sarana mencari nafkah atau bisa juga menjadi syarat untuk meraih sesuatu. Bagi seorang guru kegiatan menulis tidak terpengaruh oleh apa pun alasannya, karena idealnya bagi seorang guru menulis sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Pengertian menulis di sini tentu bukan menulis asal menulis yang tidak ada makna dan nilai apresiasinya.
Jenis-jenis tulisan di antaranya :
1.   Tulisan Ilmiah, yaitu : skripsi, tesis, KTA, desertasi, buku.
2.   Tulisan Semi Ilmiah, yaitu : artikel, opini, reportase.
3.   Tulisan Fiktif/Non Ilmiah, yaitu :  anekdot, novel,hikayat, naskah drama, opini.
Dari sekian jenis tulisan di atas, kita akan memfokuskan pada menulis artikel (tulisan semi ilmiah). Artikel adalah  adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. Agar tulisan hasil karya kita bisa dimuat di media cetak tentu tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, dan itu tergantung kebijakan redaksi media cetak tersebut. Karena masing-masing mempunyai acuan criteria tertentu sebagai barometer tulisan dapat dikatakan layak untuk dicetak/diterbitkan.
·      Kelebihan Menulis di media cetak :
-   Dapat menjangkau wilayah yang luas walau terbatas.
-   Mendapat kompensasi/honor pemuatan artikel.
-   Ada nilai poin angka kreditnya,jika tulisan kita dimuat di media cetak di media cetak yang sudah ber-SNI.

·      Kekurangan Menulis di media cetak :
-    Melalui kriteria dan persyaratan tertentu agar dapat dimuat.
-    Butuh kesabaran menunggu antrian pemuatannya.
-    Kompetisi positif artikel antar penulis yang cukup ketat.
Guna mengatasi kelemahan menulis di media cetak, maka perlu satu solusi bagaimana kita tetap dapat eksis dalam kepenulisan dan tulisan tetap dapat terbit tanpa melalui prosedur ketat dan waktu yang lama. Salah satu solusi yaitu menulis di media internet melalui Blog.
Blog atau singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Blog merupakan suatu web yang bersifat lebih pribadi, lebih informal, dan terus di update setiap waktu, dengan postingan terbaru selalu berada dibagian atas. Blog sangat ampuh sebagai ajang aktualisasi diri, bersosialisasi di dunia maya, mempromosikan suatu bisnis sampai menghasilkan uang (dengan syarat dan kriteria tertentu). Berikut contoh screenshoot 2 buah Blog Pendidikan dan blog hobby ternak burung kenari milik nara sumber yang mulai dibuat sejak 29 Juli 2009 dan 8 Februari 2013 yang diberi titel  rachmadwidodo’s weblog dengan alamat http://wyw1d.wordpress.com/ (google pagerank : 3, jumlah visitor 653.500an ) dan Fayunda Canary Bird Farm dengan alamat http://wyw1d.blogspot.com/

 Cara Membuat Blog 
           Untuk dapat membuat blog sangat mudah dan gratis. Caranya adalah sebagai berikut (Ada tutorialnya,tinggal klik di powerpoint bisa dicopy anggota KKG Gugus Panglima Soedirman). Syarat membuat blog :
a.       Sudah memiliki alamat email yang valid (yahoo atau Gmail)
b.      Sudah memiliki akun di wordpress, misal : http://wyw1d.wordpress.com/ atau akun di blogger, misal : http://kkgpanglimasoedirman.blogspot.com/
Setelah akun kita di wordpress/blogger aktif maka kita sudah bisa memulai mengelola blog tersebut. Yang perlu dikelola misalnya :
1.      Pemberian judul blog.
2.      Pemilihan thema (jenis tampilan).
3.      Posting atau membuat artikel apa saja (artikel pendidikan,kesehatan,hobby,dsb).
4.      Mendaftarkan blog ke directory agar blog kita cepat dikenal di dunia maya.
5.      Menjawab request atau komentar dari para visitor.
6.      Memasang widget agar penampilan blog semakin semarak dan menarik.
7.      Memasang Google pagerank dan alexa sit info agar blog kita masuk daftar perankingan  blog. Rank tertinggi adalah 10 terendah adalah  1.
8. dsb.

Disampaikan oleh : Dadik Urbiyanto,M.Pd (Guru Pemandu KKG) dan Rachmad Widodo,S.Pd (Ketua KKG) Gugus Panglima Soedirman Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang.
dalam pertemuan KKG Gugus Panglima Soedirman pada hari Sabtu,9 Maret 2013 dan 23 Maret 2013. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar