Salah satu wujud nyata dari terlaksananya pemberdayaan KKG Gugus Panglima Soedirman Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang pada hari Sabtu,12 Januari 2013 dan 26 Januari 2013 adalah menghasilkan suatu produk berupa proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Mata Pelajaran Matematika kelas VI. Proposal PTK ini kami share agar dapat dilihat,diteliti dan dianalisa kekurangannya sehingga akan semakin sempurna dan memenuhi kriteria ideal. Semoga bermanfaat.
PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENINGKATAN HASIL
BELAJAR MATEMATIKA MATERI KOORDINAT
MELALUI PENGGUNAAN
ALAT PERAGA LANTAI RUANG KELAS
PADA
SISWA KELAS VI SD NEGERI LAMBANGAN WETAN
KECAMATAN BULU KABUPATEN REMBANG
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Disusun Oleh
:
Nama : Rachmad Widodo,S.Pd,dkk
NIP : 196802081988061001
Asal SD : SD Negeri Lambangan Wetan
KKG :
Gugus Panglima Soedirman Kec.Bulu
Kab.Rembang
BAB I
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG MASALAH
1.
Pada tes sub
sumatif mata pelajaran Matematika materi koordinat belum semua siswa kelas VI SD Negeri Lambangan Wetan Kecamatan Bulu
Kabupaten Rembang mencapai ketuntasan belajar. Masih ada 8 siswa (40%) perolehan nilai hasil
belajarnya di bawah KKM( Kriteria Ketuntasan
Minimal).
2.
Pengenalan Konsep koordinat dari guru belum mengena kepada siswa.
3.
Penggunaan alat peraga yang belum optimal/monoton dan kurang
melibatkan siswa. Alat peraga
yang digunakan adalah garis bilangan dengan sumbu x dan sumbu y.
Harapan penulis setelah
melakukan Penelitian Tindakan Kelas adalah adanya peningkatan prestasi/nilai
hasil belajar Matematika siswa kelas VI SD Negeri Lambangan Wetan Kecamatan
Bulu Kabupaten Rembang. Yang kedua adanya peningkatan motivasi dan gairah/minat
belajar siswa kelas VI SD Negeri Lambangan Wetan Kecamatan Bulu Kabupaten
Rembang.
Berangkat
dari hal tersebut penulis merasa perlu sekali untuk dilakukan Penelitian
Tindakan Kelas yaitu menggunakan media lantai ruang kelas untuk meningkatkan
prestasi/nilai hasil belajar Matematika materi koordinat siswa kelas VI SD
Negeri Lambangan Wetan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang tahun pelajaran 2012/2013.
B.
IDENTIFIKASI MASALAH
• Mengapa
prestasi hasil belajar Matematika materi koordinat siswa kelas VI SD Negeri
Lambangan Wetan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2012/2013 rendah?
• Bagaimana
cara meningkatkan prestasi hasil belajar Matematika materi koordinat siswa kelas
VI SD Negeri Lambangan Wetan ?
• Apakah penggunaan alat peraga
lantai ruang kelas dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi koordinat
pada siswa kelas VI SD Negeri Lambangan
Wetan
Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2012/2013?
• Seberapa besar media lantai ruang kelas dapat meningkatkan prestasi hasil
belajar matematika materi koordinat siswa kelas VI SD Negeri Lambangan Wetan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2012/2013?
C. PEMBATASAN MASALAH
• Dalam
Penelitian Tindakan Kelas ini masalah dibatasi pada penggunaan media lantai
ruang kelas (Variabel X) dan peningkatan prestasi hasil belajar matematika
materi koordinat siswa kelas VI SD Negeri Lambangan Wetan Kecamatan Bulu Kabupaten
Rembang Tahun Pelajaran 2012/2013 (Variabel Y).
• Adapun siswa yang akan diteliti adalah siswa kelas
VI SD
Negeri Lambangan Wetan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2012/2013.
D. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan
latar belakang , identifikasi dan pembatasan masalah tersebut di atas maka
dapat diajukan rumusan masalah sebagai berikut :
Apakah
melalui penggunaan media media lantai
ruang kelas dapat meningkatkan prestasi hasil belajar matematika materi
koordinat siswa kelas VI SD Negeri Lambangan Wetan Kecamatan Bulu Kabupaten
Rembang Tahun Pelajaran 2012/2013?
E. TUJUAN PENELITIAN
1. Tujuan Umum
Meningkatkan ketuntasan
belajar siswa
2. Tujuan Khusus
• Meningkatkan hasil belajar
• Memusatkan perhatian
• Meningkatkan gairah belajar
•
Mengurangi kesenjangan
F. MANFAAT PENELITIAN
1.
Manfaat Teoritis :
Mendapatkan pengetahuan
atau teori baru tentang bagaimana meningkatkan prestasi belajar Matematika
siswa.
1. Bagi Siswa :
Menerima konsep sistem koordinat secara benar.
2. Bagi Guru :
• Meningkatkan kreatifitas guru
dalam menemukan strategi pembelajaran yang
tepat.
• Memiliki kesempatan untuk
mengembangkan karir
3. Bagi Sekolah/Instansi
Pendidikan :
•
Hasil Penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai referensi.
BAB
II
KAJIAN TEORI
KAJIAN TEORI
A. Landasan
Teori
1.
Pengertian Belajar
• Belajar yaitu berusaha
(berlatih dsb) supaya mendapat suatu kepandaian (KBBI).
• Perubahan tingkah laku yang
relatif tetap dan terjadi sebagai hasil
latihan atau pengalaman (Morgan ).
• Aktivitas yang menghasilkan
perubahan pada diri individu yang belajar (Sudwihantopo).
• Belajar adalah usaha
dari seseorang dengan atau tanpa bantuan orang lain untuk memperoleh perubahan
pada dirinya.
2. Hasil Belajar
Hasil Belajar terdiri dari :
• Ketrampilan intelektual,
• Strategi kognitif
• Informasi verbal
• Ketrampilan motorik
• Sikap ( Gagne : 1985 )
3. Alat
Peraga
Membantu memperjelas
penyampaian materi pelajaran.
Fungsi media
:
• Kemampuan Fiksatif
Menangkap, menyimpan dan
menampilkan kembali
• Kemampuan Manipulatif
Menampilkan kembali obyek atau
kejadian dengan berbagai macam cara
• Kemampuan Distributif
Menjangkau pengamat yang sangat
banyak.
4. Kompetensi Dasar Sistem Koordinat.
Sehimpunan bilangan yang
menyatakan letak suatu titik
B. Kerangka Berpikir
1.
Kondisi awal belum menggunakan alat peraga ------
hasil belajar rendah
2.
Tindakan pada Siklus Pembelajaran menggunakan alat peraga ------ hasil belajar meningkat.
3.
Kondisi Akhir -- diduga pemanfaatan lantai ruang kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa
C. Perumusan Hipotesis Tindakan
Pemanfaatan
alat peraga lantai ruang kelas akan dapat meningkatkan hasil belajar matematika Materi koordinat
siswa kelas VI SD Negeri Lambangan Wetan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2012/2013.
BAB
III
METODOLOGI
PENELITIAN
A.
Setting Penelitian
- Tempat Penelitian
Penelitian ini dilakukan
diruang kelas VI SD Negeri Lambangan Wetan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang
dengan ukuran 7 m x 7 m berlantai
keramik putih ukuran 30 cm x 30 cm.
2. Waktu
Penelitian
Bulan Pebruari sampai April 2013. Pelaksanaan penelitian terintergrasi dengan
proses Kegiatan Pembelajaran yang sudah terjadwal di dalam kalender pendidikan.
B. Subyek Penelitian
Siswa kelas VI SD Negeri Lambangan Wetan Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang sejumlah 22 siswa. Terdiri dari 12 siswa laki-laki dan
10 siswa perempuan dengan latar belakang sosial ekonomi dan budaya serta usia
yang relatif sama.
.
C. Data dan Sumber Data
Data penelitian yang dipergunakan berupa hasil tes
sub sumatif , hasil tes dalam proses pembelajaran (nilai tes perbuatan atau
unjuk kerja) dalam praktik penggunaan media lantai ruang kelas serta data
tentang kemampuan guru dalam menyususn Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan
melaksanakan pembelajaran di kelas.
D.
Teknik
dan Alat Pengumpulan Data
• Teknik Tes
Tes sub sumatif
: tes tertulis dan tes perbuatan/unjuk kerja
• Teknik Non tes
Lembar pengamatan
(observasi)
NO
|
NA M A S I S W A
|
Kedisiplinan
|
Minat
|
Kinerja
|
Solidaritas
|
JUMLAH
SKOR
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
.
.
|
Siti Shofiatun
Siti Nafidatul M
M.Anwarul M.
Siti Amelia
Siti Markhamatun
Siti Sholikhah
M Zaenal Abidin
Sholikus Salam
Siti Nur Elisa
Muhammad Azizi
dst
|
E. Validitas Data
* Menganalisis butir tes yang digunakan
* Lembar Observasi
* Diskusi dengan observer
F.
Analisa Data
Membandingkan nilai siswa antar
siklus (deskriptif komparatif)
G.
Indikator Kinerja
1. Adanya
peningkatan prestasi /hasil belajar Matematika materi koordinat yang cukup
signifikan.
Siswa yang mendapat nilai tuntas
di atas KKM meningkat dari 12 siswa menjadi 20 siswa (90,9%). Rata-rata
prestasi nilai hasil belajar Matematika materi koordinat siswa kelas VI SD
Negeri Lambangan Wetan tahun pelajaran 2012/2013 meningkat dari 70,00 menjadi
78,00 (naik 8,0).
2.
Adanya
peningkatan nilai sikap (kedisiplinan, minat, kinerja dan solidaritas) siswa
yang cukup signifikan dari rata-rata 70,00 menjadi 90,00.
H.
Prosedur Penelitian
1. Perencanaan Tindakan ; yaitu
penyusunan rencana tindakan (skenario pembelajaran/KBM).
- Guru member informasi singkat
mengenai koordinat.
- Guru dan seorang siswa
mendemonstrasikan menentukan suatu titik koordinat (x,y) dengan cara melangkahkan kaki di atas
lantai/ubin keramik yang sudah diberi garis bilangan dengan sumbu x dan sumbu
y.
- Siswa
membentuk kelompok beranggotakan 2 atau 3 orang dan mencoba mendemonstrasikan
menentukan letak titik koordinat seperti yang diperlihatkan guru.
-
Evaluasi.
-
Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran yang baru saja dilakukan.
-
Refleksi dan tindak lanjut.
2.Pelaksanaan tindakan ;diwujudkan dalam
bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) dengan jumlah pertemuan 2 kali
pertemuan ( 2 siklus).
3. Observasi tindakan ; data-data yang
dikumpulkan berupa nilai hasil belajar tes sub sumatif dan Lembar observasi.
4. Analisis dan Refleksi; berupa
deskripsi teknik analisis yang dipergunakan dan bahan serta prosedur refleksi.
I. Jadwal
Penelitian
NO
|
WAKTU
KEGIATAN
|
BULAN
|
|||||||||
Pebruari 2013
|
Maret 2013
|
||||||||||
Minggu ke
|
Minggu ke
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
2
3
4
5
6
|
Persiapan
a.
Penyusunan Proposal
b.
Penyusunan Perencanaan
Pelaksanaan
c.
Perijinan
Pelaksanaan
a.
Siklus I
b.
Siklus II
Penyusunan
Draft Laporan
Seminar
Revisi
Penggunaan
Laporan
|
v
|
v
|
v
v
|
v
|
v
|
v
|
v
v
|
v
|
v
v
|
v
|
DAFTAR
PUSTAKA
Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
http://sukses
bersamasukarto.blogspot.com/2010/02/dasar-dasar-penulisan-karya-
tulis0-html.
Diakses tanggal 8 Pebruari
2013
Munandar, S.C. Utami, 1992. Mengembangkan
Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT
Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sadiman,Arief, 1990.Media Pendidikan,pengertian,pemahaman dan
pemanfaatan.Jakarta. Rajawali
Saminanto,2010. Ayo Praktik Membuat PTK.Semarang;Ababil
Subyantoro,2009.Penelitian Tindakan Kelas.Semarang;
Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang
Suharsimi,
Arikunto,Suharjono dan Supardi,2007. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta;Bumi Aksara
Wihardid,Kusmaya,2006.Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta;Universitas
Terbuka
Demikian yang dapat kami sampaikan
Salam hangat jabat erat wahai Sahabat Guru
ibu/bapak guru sedang memerlukan RPP K13 KTSP SD dan PTK SD superlengkapKLICK DISINI atau BBM 7f5d505e
BalasHapus